Tuesday, June 14, 2011

PENGANTAR OTOMASI

Pengertian otomasi adalah teknologi yang memanfaatkan aplikasi mekanik, elektronik dan sistem komputer untuk mengoperasikan dan mengendalikan suatu operasi (Groover, Mikell; p.1).
Teknologi otomasi merupakan sebuah revolusi industri yang telah dimulai sejak beberapa dekade atau waktu yang lalu (circa 1770), ketika mesin telah mengambil alih semua pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia dengan bantuan alat mekanik atau pun secara manual.
    Secara garis besar sistem otomasi meliputi:
a.     Sensor
    Sensor adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi dan sering berfungsi untuk mengukur magnitude tertentu. Jenis sensor yang lazim digunakan adalah sensor manual, sensor batas, dan sensor proximity.
b.    Central Control Unit (CCU) / Controller
               Central Control Unit sebagai pusat pengontrolan dari sistem otomasi. CCU terdiri dari mikroprosesor sebagai pusat operasi matematik dan operasi logika, memory sebagai penyimpanan data dan power supply.
c.     Actuator
     Actuator dalam pengertian listrik yaitu setiap alat yang mengubah sinyal listrik menjadi gerakan mekanis. Jenis pokok dari yaitu relay, solenaida dan silinder.


sumber : 8th Basic Automation Training 2010, Sispromasi Laboratory

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons